Mitsubishi XM Mulai Diproduksi Massal Oktober 2017

Mitsubishi XM Mulai Diproduksi Massal Oktober 2017

  • Dibaca: 917x

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi mobil Mitsubishi di Indonesia, mulai buka-bukaan soal sosok Mitsubishi XM Concept. Bahkan, versi produksi sudah disiapkan untuk diuji coba. 


Head of Sales & Marketing Group PT KTB Imam Choeru Cahya mengaku sudah mencoba kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) itu pada Januari 2017. “Setengah hari saya mencoba XM Concept,” kata Imam di arena XM Concept Special Exhibition, Trans Studio Mall, Bandung, Kamis, 16 Februari 2017.


Menurut dia, cat mobil itu kini ditutup dengan sticker khusus untuk menyamarkan identitas. “Mobilnya dikamuflase biar nggak ketahuan,” ujarnya. 


Imam menceritakan, XM Concept memiliki ketangguhan SUV dengan kenyamanan MPV. Itu sebabnya, Mitsubishi menyebutnya sebagai XM Concept Crossover. Ukuran dan fasilitas pendukungnya pun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 


Imam menuturkan, selama test drive yang paling terasa adalah perpaduan MPV dan SUV yang kental. Kelebihan itu dipadu dengan kelegaan ruang, kenyamanan, serta kesenyapan di kabin. 


Kemunculan XM Concept Crossover menjadi pembuktian bahwa Mitsubishi tak hanya produsen kendaraan niaga dan sport seperti yang dicitrakan selama ini. “Padahal kami juga punya passanger car,” ucap Imam


Kata Imam, mobil ini akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal minimal 65 persen. Produksi akan dilakukan di pabrik baru yang akan dibuka sekitar dua bulan lagi di Deltamas, Cikarang. “Dari Indonesia pula mobil itu akan diekspor,” ucapnya.


Menurut Head of Public Relations Intan Vidiasari, ekspor bakal dilakukan dua tahun kemudian. Sedangkan negara yang disasar, Imam menyebutkan, setidaknya negara-negara di Asean.


Mitsubishi juga berjuang keras bersaing di pasar keras MPV mengalahkan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, serta Nissan Grand Livina atau Honda Mobilio. Sebagai pendatang baru di pasar MPV, setelah pada 1990-an meluncurkan Mitsubishi Kuda, Mitsubishi berjanji menghadirkan deferensiasi dibandingkan para pesaing tadi. “Kami memiliki deferensiasi dibandingkan dengan kompetitor,” ucap Intan.


Januari lalu, Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki memastikan XM Concept versi produksi akan meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10-20 Agustus 2017. 


"September persiapan produksi massal, Agustus display di GIIAS, Oktober mulai produksi massal," kata Ishimaki di sela-sela peresmian bengkel Mitsubishi Bodi & Cat di dealer Sun Star Motor, Bekasi, 30 Januari 2017. 


Menurut Ishimaki, pabrik Mitsubishi di Cikarang sudah siap 100 persen untuk memproduksi mobil pada tahun ini. KTB akan menggunakan pabrik itu untuk memproduksi tiga tipe kendaraan Mitsubishi yakni Pajero Sport, XM Concept yang diposisikan sebagai kendaraan LPMV, dan pikab ringan L300. Pajero Sport akan menjadi model pertama yang diproduksi lokal, Made in Indonesia, dan dimulai pada April mendatang. 


XM Concept diperkenalkan pertama kali di dunia (world premiere) di GIIAS 2016 silam. Mobil ini diposisikan untuk mengisi segmen LMPV yang memiliki pasar paling besar di Indonesia. XM Concept merupakan calon andalan Mitsubishi di segmen kendaraan penumpang. Konsep dasar mobil ini adalah menggabungkan kendaraan SUV dan MPV. 


Hasilnya, sebuah konsep crossover MPV mungil berpenampilan apik yang cukup menggoda. Produk ini diyakini akan menjadi andalan penjualan KTB di Indonesia. 


Pada ajang GIIAS 2016, Corporate General Manager of Design Concept Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto mengatakan pasar di Indonesia sangat menggemari model SUV dan MPV. Karena itu, Mitsubishi melalui XM Concept mencoba untuk menghadirkan sebuah mobil keluarga hasil gabungan dua tipe mobil paling populer di Indonesia. “XM Concept akan diterima pasar Indonesia dengan baik,” katanya. 


Lalu, apakah desain bagus mobil yang diproyeksikan masuk ke segmen entry level ini akan sama dengan versi produksi? 


Kunimoto menjawabnya secara diplomatis, bentuknya 80 persen sama dengan versi konsep. “Sama persis tentu saja tidak. Tapi desainnya tidak akan berbeda jauh dengan versi display saat ini,” kata Kunimoto yang merupakan tokoh utama di balik desain XM Concept.


Kunimoto bahkan menjanjikan penampilan XM Concept akan lebih detail pada pameran otomotif mendatang. Sepintas, XM Concept mirip dengan Mitsubishi eX Concept yang telah diperkenalkan pada 2015. Hanya saja XM Concept memiliki ukuran yang lebih kecil. Kedua model konsep ini memang kental bernuansa crossover dengan ground clearance yang tinggi. Tentunya karena memiliki Ground clearance tinggi mobil ini sangat cocok digunakan di berbagai kondisi jalanan di Indonesia. 


Informasi harga Mobil Mitsubishi Solo klik disini

Informasi Pembelian

Theo